Gejala Kista

Gejala Kista Pada Wanita

Gejala Kista Pada Wanita pada umunya Paling banyak ditemukan pada wanita menjelang masa menopause dan pasca menopause. Wanita yang sedang menjalani sulih hormon juga memiliki resiko terkena kista. Untuk itu, Wanita yang memiliki faktor resiko terkena kista sebaiknya melakukan pemeriksaan sedini mungkin untuk mencegah timbulnya gejala kista pada wanita serta menghindari mengkonsumsi makanan yang diawetkan dan yang mengandung alkohol.

gejala kista ovariumGejala kista pada wanita tergantung letak tumbuhnya. Kista pada payudara menimbulkan nyeri di sekitar payudara. Jika diraba, ada benjolan abnormal lembut berisi cairan. Sementara kista yang timbul pada rahim dan sekitarnya, termasuk ovarium (indung telur), akan mengganggu kelancaran siklus menstruasi. Jika kista pecah, dapat menyebabkan terjadinya nyeri atau sakit diperut (bukan sakit perut biasa), bahkan sampai keluar cairan dari vagina (kista ovarium). Gejala lain antara lain ketidaknyamanan pada panggil, sakit pinggang, rasa sakit saat berhubungan seks, dan sering terjadi pendarahan rahim yang abnormal. Gejala tersebut perlu diwaspadai karena sangat mungkin hal itu adalah gejala adanya kista disekitar rahim atau ovarium. Jika gejala yang timbul ini dibiarkan dan akhirnya kista mengalami pemuntiran atau pecah, dapat menyebabkan serangan radang usus buntu.

Pemeriksaan dini gejala kista pada wanita, terutama bagi mereka yang memiliki resiko terkena kista, sangat penting dilakukan. Pemeriksaan sebaiknya langsung dilakukan pada dokter ahli, meskipun kista pada payudara dapat dilakukan sendiri seperti halnya pemeriksaan kanker payudara yang disebut dengan istilah SADARI (periksa payudara sendiri). Jika dalam pemeriksaan sendiri ditemukan adanya benjolan yang agak licin, bisa digerakkan, dan terasa agak nyeri, sebaiknya lakukan pemeriksaan lanjutan ke dokter. Di dokter dapat dilakukan pemeriksaan berupa mammografi dan USG payudara. Sementara pemeriksaan dini untuk mendeteksi kemungkinan ada tidaknya kista pada ovarium antara lain pemeriksaan darah lengkap, mammografi, USG dan CT scan.

Cegah Sedini Mungkin Gejala Penyakit Kista Ovarium dengan Mengkonsumsi JellyGamat Luxor dan Spirulina pacifica

gejala kista

Demikian Informasi Sekilas Tentang Gejala Penyakit Kista Semoga Bermanfaat Bagi Anda

Advertisements
This entry was posted in Gejala Kista Ovarium and tagged , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

One Response to Gejala Kista

  1. Ririn Setia says:

    wah serem juga ya kalau wanita juga bisa terkena kista πŸ˜‰
    harus lebih hati-hati nih dan jaga kesehatan ya mas πŸ˜‰

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s